Skip to main content

Sewa Gudang Online Solusi Jualan Tanpa Punya Gudang Sendiri

Punya usaha online, tapi bingung mau nyetok taronya dimana?

Dokumentasi dari Google

Pasti ada yang jawab, kalau gitu ga perlu nyetok aja. Kan bisa dropship?

Ya, kalau ada yang bilang gitu ga salah juga sih.

Saya cuma mau ngeshare buat yang memang kamu tipe jualan nyetok dan bukan dropship.
Sekarang belanja udah banyak beralih ke yang online. Begitu pun gudang. Sudah banyak juga jasa-jasa yang menawarkan gudang "online".

Gudang online yang mau saya bahas kali ini adalah gudang online yang dikelola sama jasanya Crewdible.

Komisi yang crewdible berikan yaitu berdasarkan total penjualan / nilai transaksi dari invoice yang dikeluarkan tidak termasuk ongkos kirim. Sehingga tanpa biaya bulanan setiap bulannya.

komisi biaya gudang

Maksimal biaya yang mereka kenakan yaitu 10.000. Ingat yaa terms and condition dibaca dengan cermat. Apakah benar cuma 10.000?

Untuk lebih terperinci sekali biaya yang dikenakan adalah sebagai berikut ⬇️


Jadi, kalau kamu lebih teliti membaca terms and conditionnya maksimal biaya 10.000 dikenakan untuk kategori barang standar dengan maksimal 10 barang per invoicenya. Jika dilain itu bagaimana? Silahkan perhatikan detail biaya adhoc yang ada digambar diatas.

Dengan sewa gudang tanpa biaya perbulan apakah worth it? Kalau menurut saya masih iya. Karena kita tidak diwajibkan membayar uang listrik, karyawan dan maintenance lainnya jika kita menggunakan gudang sendiri.

Dan lebih enaknya lagi, jika kita sedang berada diluar kota dan masih tetap ingin mengurus jualan, kita cukup melaporkan invoice pada aplikasi dan barang diproses seperti biasa.

Lalu, apakah ada kekurangannya?
Dimana ada kelebihan disitu pasti ada kekurangan.
Yap, mengharapkan kesempurnan dari hal apapun itu pasti mustahil.

Saya akan membahas kelemahan dari kategori fashion.

1. Saat ada yang minta Real Pict. Kenapa termasuk kelemahan? Saat barang inbound atau masuk gudang, maka barang kita akan dimasukkan ke tempat dengan rak tertentu dan bergabung dengan barang-barang lain dari gudang tersebut. Jadi, ketika kita ingin meminga real pict jadi kita harus melakukan outbound transaksi tersebut terlebih dahulu. Karena kalau kemungkinan ada ratusan barang bergabung dalam 1 gudang berarti staff harus tau letak persisnya dimana bukan? 😊

2. Harus mengikuti peraturan Gudang.
Yap.. Ini juga salah satu kelemahan. Kenapa? Disatu sisi saat kita berpergian kita masih bisa melakukan transaksi. Disisi lain, saat gudang ada masalah mau tidak mau kita harus mengikuti alur gudang tersebut.

3. Saat mau pindah gudang atau kroscek barang.
Karena tidak ada biaya bulanan, maka mau tidak mau semua barang yang keluar dari gudang akan termasuk kedalam transaksi. Intinya kalau kita mau pindah gudang atau ga mau pakai gudang online lagi. Maka barang-barang yang ada dalam gudang harus dibuat transasksi invoice dulu.

Dimana kalau barangnya ada ratusan, berarti masuk ke kategori kelipatan dan masuk skema Distributor dimana biaya pindahnya pasti ratusan ribu.

Nah, berikut hal-hal yang baru bisa saya share terkait penggunaan gudang online dengan crewdible. Untuk jasa lain? Mohon maaf belum dicoba 😁🙏

Comments

Popular posts from this blog

Lebih Optimal Topads Manual atau Otomatis?

Bismillah...

Saya ingin mencoba membagi pengalaman saya menggunakan ads di marketplace. Kali ini saya mau bahasnya marketplace tokopedia dulu. Karena kebetulan baru otak atik top ads yang aman yang sesuai dengan produk yang saya jual di tokopedia.

Sebelum kita membedakan Topads Manual dengan Topads Otomatis, sebaiknya kamu mengetahui terebih dahulu apa itu topads.
TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant di Tokopedia. Dengan fitur ini, Anda dapat mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung kategori. Perlu diketahui bahwa saat ini TopAds HANYA bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App.

Biaya Melahirkan di RSIA Budi Kemulian

Bagi calon bunda dan ayah yang sedang menanti-nanti sang buah hati pasti sudah menyiapkan jauh-jauh hari estimasi biaya melahirkan si Rumah Sakit yang bunda inginkan.

Kali ini saya ingin sharing sebenarnya berapa sih biaya melahirkan yang perlu dipersiapkan oleh bunda dan ayah di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Kemulian Jakarta Pusat.

Cara Mengurus Surat Nikah Sendiri

Gak ada yang salah kan dengan mengurus birokrasi surat nikah sendiri? Hiihih...
Yaa, sesuai dengan pernyataan sekaligus pertanyaan itu. Saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang bagaimana caranya mengurus surat nikah sendiri. Dan mungkin sangat berguna bagi kalian sedang merencanakan pernihakan yang salah satunya mengurus surat pernikahan.

Sebelum saya menerangkan step-step mengurus surat pernikahan, salah satu syarat yang tidak boleh ketinggalan adalah "Restu Orangtua". Yup, ini syarat yang paling utama diantara syarat-syarat yang lain loh. Pastikan kamu sudah mendapatkan syarat utama ini dulu sebelumnya. Bagaimana? Sudah atau belum? ^_^v