Skip to main content

Aplikasi Cek Rute Transjakarta

Seperti janji saya sebelumnya. Setelah saya mereview aplikasi untuk melihat jadwal kereta dalam kota / Jabodetabek. Kali ini saya akan membantu untuk meriview aplikasi yang masih sama yaitu aplikasi Komutta namun untuk Rute Busway.

Sebelumnya saya intermezzo dulu yaa.
Saya sebagai warga yang lahir di Jakarta merasakan kalau transportasi di Jakarta terus berkembang setiap tahunnya untuk memberikan kenyamanan kepada warganya untuk berpergian. Salah satunya, saat ini sudah ada namanya Transjakarta yang aman dan mudah digunakan. Tiket untuk berpergian dengan Transjakarta pun kini sudah semakin kece karena tidak perlu menggunakan kertas yang disobek-sobek lagi. Melainkan menggunakan E-Ticketing yang tinggal di tap di mesin dan ongkospun sudah terpotong secara otomatis.

Nah, kamu yang sudah tinggal dijakarta pasti sudah tidak asing dengan transportasi yang satu ini bukan? Tapi, kamu pasti agak kesulitan untuk melihat rute transjakarta yang gambarnya berbelit-belit yang dipasang disetiap shelter busway? Iya apa iyaa, hayoo :D. Jumlah koridor transjakarta yang semakin banyak dan harus transit kesana kesini pasti tidak jarang membuat saya sendiri bingung harus menaiki koridor transjakarta / rute transjakarta yang mana dan kemana. 

Untuk itu, saya ingin membantu kamu mengenal suatu aplikasi yang pasti sangat mempermudah kamu memahami semua rute Transjakarta pastinya. Penasaran? Langsung kita bahas sama-sama nyok.

Halaman yang akan ditampilkan pertama kali bentuknya seperti gambar ( Halaman Aplikasi Komutta) dibawah ini. Kamu tinggal langsung memilih gambar Transjakarta untuk melihat rute Transjakarta nya.

Halaman Depan Aplikasi Komutta
Nah, nanti akan tampila halaman seperti dibawah ini. Kamu tinggal memasukkan rute Transjakarta dimana kamu akan mulai berangkat dan kamu tuju. Saat kamu mengetikkan nama rute yang diiinginkan, shelter akan mensuggest shelter sehingga akan muncul beberapa nama yang mengandung kata yang kamu masukkan. Namun, jika kamu tidak mengetahui satupun nama shelter, kamu tidak perlu khawatir karena kamu cukup meng-klik tanda lingkar yang ada digambar untuk melihat semua rutenya.
       

Berikut tampilan saat melihat semua daftar shelter di semua koridor. Kamu bisa melihat daftar beserta urutan shelter di setiap koridornya.

       

Rute Transjakarta yang sedang saya coba adalah keberangkatan dari Shelter Stasiun Kota dan berakhir di Shelter Blok M. Saat kamu sudah menentukan tujuan rutenya, ada fitur yang terselip disana yaitu "Include All Stops". Maksudnya untuk apa sih fitur itu?? Fitur itu digunakan untuk memberitahukan dari koridor Transjakarta mana kamu harus berangkat dengan detail pemberhentian shelter apa saja yang akan kamu lewati.


     
Tanpa pilih "Include All Stop"
Dengan pilih "Include All Stop

Apalagi yang perlu kamu tahu?? Tidak semua koridor busway beroperasi setiap hari, ada beberapa koridor busway juga yang hanya beroperasi di hari kerja saja. Bagaimana tahu bedanya? Diketerangkan koridor ada tulisan "Reguler" yang berarti beroperasi disetiap hari dan "Workdays" yang hanya beroperasi di hari kerja saja.


Karena Transjakarta juga meliputi Feeder dan APTB. Maka aplikasi Rute Transjakarta pun juga memberikan rute tersebut. Ada yang belum tau apa itu feeder busway / feeder transjakarta? Feeder berupakan bus yang terintegrasi dengan shelter busway. Biasanya fedeer ini mengangkut penumpang yang juga tidak dari shelter resminya. Istilah kata adalah bis bantuan untuk penumpang dimana daerah tersebut belum ada shelternya.


     

Selain Rute Feeder ada juga Rute APTB Transjakartanya loh, cekidot aja nih.

   
Selain itu, aplikasi ini juga memiliki beberapa menu tambahan seperti Info dan Maps yang dapat kamu gunakan untuk mencari informasi umum dari transjakarta. Info berisi informasi standar transjakarta yang ada, sedangkan maps menampilkan koridor busway dari ujung ke ujungnya.

     

Sekian hasil dari revire untuk Rute Transjakarta. Terima kasih sudah meluangkan untuk membaca, jika ingin mengcop-paste tulisan dan gambar di artikel ini sangat boleh loh, asal jangan lupa ditautkan (link) kan sumbernya yaa :).

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan langsung berkomentar di kotak komentar dibawah ini yaa.


Nantikan review aplias lainnya :D. 

Mau lihat review Jadwal Kereta Dalam Kota ( Jabodetabek )? Klik disini

Comments

  1. Terima kasih infonya mbak asiha. Bisa dicoba juga aplikasi trafi mbak, disitu ada fitur real-time tracking busway via map. moga bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan komennya ^^

Popular posts from this blog

Lebih Optimal Topads Manual atau Otomatis?

Bismillah...

Saya ingin mencoba membagi pengalaman saya menggunakan ads di marketplace. Kali ini saya mau bahasnya marketplace tokopedia dulu. Karena kebetulan baru otak atik top ads yang aman yang sesuai dengan produk yang saya jual di tokopedia.

Sebelum kita membedakan Topads Manual dengan Topads Otomatis, sebaiknya kamu mengetahui terebih dahulu apa itu topads.
TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant di Tokopedia. Dengan fitur ini, Anda dapat mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung kategori. Perlu diketahui bahwa saat ini TopAds HANYA bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App.

Biaya Melahirkan di RSIA Budi Kemulian

Bagi calon bunda dan ayah yang sedang menanti-nanti sang buah hati pasti sudah menyiapkan jauh-jauh hari estimasi biaya melahirkan si Rumah Sakit yang bunda inginkan.

Kali ini saya ingin sharing sebenarnya berapa sih biaya melahirkan yang perlu dipersiapkan oleh bunda dan ayah di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Kemulian Jakarta Pusat.

Cara Mengurus Surat Nikah Sendiri

Gak ada yang salah kan dengan mengurus birokrasi surat nikah sendiri? Hiihih...
Yaa, sesuai dengan pernyataan sekaligus pertanyaan itu. Saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang bagaimana caranya mengurus surat nikah sendiri. Dan mungkin sangat berguna bagi kalian sedang merencanakan pernihakan yang salah satunya mengurus surat pernikahan.

Sebelum saya menerangkan step-step mengurus surat pernikahan, salah satu syarat yang tidak boleh ketinggalan adalah "Restu Orangtua". Yup, ini syarat yang paling utama diantara syarat-syarat yang lain loh. Pastikan kamu sudah mendapatkan syarat utama ini dulu sebelumnya. Bagaimana? Sudah atau belum? ^_^v