Skip to main content

Malam dan Siang di Bumi

Diawali dengan membaca penggalan sub bab "Malam dan Siang" dari buku Ayat-Ayat Semesta Sisi-Sisi Al Qur'an yang terlupakan, membuat saya merenung sejenak kenapa harus ada malam dan siang dan mengapa waktu malam harus gelap sedangkan siang harus terang?
Dijawab dengan beberapa penggalan ayat dari (QS Yunus [10] : 6) yang artinya :

"Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, sungguh terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang bertakwa"

Yaa pasti sepenggal ayat tersebut tidak menjelaskan secara rinci jawaban dari pertanyaan saya..
Namun, jika kalian keluar rumah pada waktu malam dan memandangi langit yang tampak hanya kegelapan. Sebuah hamparan langit gelap yang ditemani bintang-bintang dan kadang bulan serta hawa dingin yang keadaan tersebut berbeda sangat jelas ketika waktu siang datang.

Saat malam bintang memberikan tanda arah kepada banyak nelayan untuk berlayar, tidak heran saat dunia tidak secanggih sekarang nelayan-nelayan tersebut dapat kembali keasal hanya dengan mengandalkan gugusan bintang.

Sedangkan siang diistimewakan dengan bayang-bayang. Apa istimewanya bayangan?
Dijawab dengan :
" Apakah kamu tidak memperhatikan Tuhanmu bagaimana Dia memanjangkan bayang-bayang; dan kalau Dia menghendaki, niscaya Dia jadikan bayang-bayang itu tetap. Kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu. Kemudian Kami menarik bayang-bayang itu kepada Kami dengan tarikan yang perlahan-lahan" (QS Al-Furqaan [25] 45-46).

Ternyata bayangan memberikan isyarat waktu, waktu perhari perbulan bahkan pertahun. Waktu untuk menunjukkan waktu shalat dan waktu yang menunjukkan pergantian malam saat bayang-bayang hilang.

Lantas sebegitu detailnya kah waktu malam dan siang diciptakan? Ya.. tidak ada satu hal pun yang tidak diperhatikan oleh Sang Pencipta sampai seperti itu. Dijelaskan secara rinci dan hanya saja orang yang dapat mengerti dimaksudnya penciptaan ini.

Lalu apa jawaban dari pertanyaan saya? Yaa sangat susah dijelaskan hanya lewat sepenggal sharingan seperti ini. Namun yang jelas, ketika kamu berfikir dan memperhatikan dengan seksama kamu akan mengerti dengan sendirinya. Bagaimana caranya? Dimulailah dengan bersyukur ketika kita bangun :)

Comments

Popular posts from this blog

Lebih Optimal Topads Manual atau Otomatis?

Bismillah...

Saya ingin mencoba membagi pengalaman saya menggunakan ads di marketplace. Kali ini saya mau bahasnya marketplace tokopedia dulu. Karena kebetulan baru otak atik top ads yang aman yang sesuai dengan produk yang saya jual di tokopedia.

Sebelum kita membedakan Topads Manual dengan Topads Otomatis, sebaiknya kamu mengetahui terebih dahulu apa itu topads.
TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant di Tokopedia. Dengan fitur ini, Anda dapat mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung kategori. Perlu diketahui bahwa saat ini TopAds HANYA bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App.

Biaya Melahirkan di RSIA Budi Kemulian

Bagi calon bunda dan ayah yang sedang menanti-nanti sang buah hati pasti sudah menyiapkan jauh-jauh hari estimasi biaya melahirkan si Rumah Sakit yang bunda inginkan.

Kali ini saya ingin sharing sebenarnya berapa sih biaya melahirkan yang perlu dipersiapkan oleh bunda dan ayah di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Kemulian Jakarta Pusat.

Cara Mengurus Surat Nikah Sendiri

Gak ada yang salah kan dengan mengurus birokrasi surat nikah sendiri? Hiihih...
Yaa, sesuai dengan pernyataan sekaligus pertanyaan itu. Saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang bagaimana caranya mengurus surat nikah sendiri. Dan mungkin sangat berguna bagi kalian sedang merencanakan pernihakan yang salah satunya mengurus surat pernikahan.

Sebelum saya menerangkan step-step mengurus surat pernikahan, salah satu syarat yang tidak boleh ketinggalan adalah "Restu Orangtua". Yup, ini syarat yang paling utama diantara syarat-syarat yang lain loh. Pastikan kamu sudah mendapatkan syarat utama ini dulu sebelumnya. Bagaimana? Sudah atau belum? ^_^v