Skip to main content

Game dan Anak

Gameee ... game .... dan game .....
itulah yang selalu dipikirkan oleh mereka yang sudah ketagihan dengan sebuah 'kesenangan' yang disebut dengan game.

Game yang dimaksud disini adalah game modern bukan game tradisional lagi.

Apa sih game ?? nah kalo secara mendetail apa itu game kalian bisa baca disini. Game atau yang biasa disebut dengan video game merupakan sebuah permainan modern yang sudah banyak dikenal oleh semua umur dan di berbagai belahan dunia.

Baik itu game untuk PC, game konsol, game mobile sampai game pada tablet. Kalau sudah bermain game, tanpa kita sadari waktu akan terasa berjalan dengan cepat, sampai kita pun akan lupa waktu dan mengerjakan tugas. Khusunya, jika game sudah dimainkan oleh anak-anak belia. Maka mereka pasti akan terus ada dihadapan kamputer sampai malam, walaupun tidak semua anak seperti itu.

Game pun juga banyak jenisnya, ada game yang sekedar hanya untuk memuaskan si pemain. Namun ada juga game yang bisa membantu si pemain untuk belajar misalnya saja game edukatif yang memang dirancang untuk menambah wawasan, memunculkan ide-ide kreatif sampai membantu si pemain untuk mengasah otak mereka dalam berpikir.

Setiap kegiatan pasti akan selalu menimbulkan dampak, baik itu terhadap sendiri maupun terhadap orang lain disekitar kita. Terutama kegiatan bermain di depan layar monitor ini.

Negatif semua kah?? positifkah ?? atau berimbangkah ?? ..
hemm .. menurut kalian apaaa hayoo ?? ..

Bener gak ni ? saya ambil secara umum.

Berawal dari segi negatif :
- Asosial
(anak hanya berkutik antara sekolah dan game, mereka cenderung akan penasaran untuk menyelesaikan game tanpa memperdulikan orang-orang disekitar mereka)

- Kesehatan terganggu*
(kenapa saya membuat bintang dibagian ini, kesehatan seorang anak yang hanya menatap layar elektronik secara terus menerus akan membuat mata kelelahan dan membuat penglihatan terganggu dan mereka yang dan dengan posisi yang hanya diam disatu titik saja, membuat mereka akan sedikit bergerak dan menurunkan fungsi tubuh serta berkurangnya asupan nutrisi/makanan, namun hal ini dapat di atasi dengan membatasi waktu bermain anak)

- Tugas terbengkalai
("sebagian besar" mereka akan lebih mengutamakan game setelah pulang sekolah, dan setelah mereka lelah bermain game mereka akan lupa akan tugas yang harus mereka kerjakan)

Nah, tidak cuma efek negatif saja ni, dampak positifnya gak kalah banyak loh.

Segi Positifnya

- Melatih Koordinasi dan konsentrasi
(anak-anak akan cenderung memiliki koordinasi antar tangan dan mata yang lebih serta konsentrasi yang baik)


- Cara belajar baru
(karena tidak semua game yang hanya bersifat rekreatif, selain itu kebanyakan hampir semua game menggunakan bahasa inggris sehingga tanpa sadar anak akan mempelajari bahasa inggris dengan lebih mudah)

 
- Mengusir Stress
(game memang pengusir stress yang baik jika malas untuk keluar rumah, namun terlalu lama juga tidak akan baik, karena sesuatu yang berlebih pasti tidak akan baik :p )





Nah, secara garis besar yang bisa saya ambil sebagai keterlihatan efek game adalah seperti apa yang sudah saya bahas. Dan terima kasih sudah membaca.

^o^

Referensi:
gambar :
http://ghiboo.com/assets/modules/article/images/big/kids-playing-video-game-4f3dbd81e3aaa.jpg
http://m.ayahbunda.co.id/webForm/getImgContent.aspx?EC=02&MC=001&SMC=003&AR=174&T=T

http://ophet.files.wordpress.com/2008/05/dance-dance-revolution-285j.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_Z4yZX9anlUY/S-LEOqgRglI/AAAAAAAAATs/5I49rc_e5Ys/s1600/bukiki-sudoku.png

tulisan :
http://en.wikipedia.org/wiki/Video_game
http://codycoding.wordpress.com/2012/03/07/dampak-negatif-game-bagi-perkembangan-psikologi-anak/
http://www.anneahira.com/gta-san-andreas.htm


Comments

Popular posts from this blog

Lebih Optimal Topads Manual atau Otomatis?

Bismillah...

Saya ingin mencoba membagi pengalaman saya menggunakan ads di marketplace. Kali ini saya mau bahasnya marketplace tokopedia dulu. Karena kebetulan baru otak atik top ads yang aman yang sesuai dengan produk yang saya jual di tokopedia.

Sebelum kita membedakan Topads Manual dengan Topads Otomatis, sebaiknya kamu mengetahui terebih dahulu apa itu topads.
TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant di Tokopedia. Dengan fitur ini, Anda dapat mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung kategori. Perlu diketahui bahwa saat ini TopAds HANYA bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App.

Biaya Melahirkan di RSIA Budi Kemulian

Bagi calon bunda dan ayah yang sedang menanti-nanti sang buah hati pasti sudah menyiapkan jauh-jauh hari estimasi biaya melahirkan si Rumah Sakit yang bunda inginkan.

Kali ini saya ingin sharing sebenarnya berapa sih biaya melahirkan yang perlu dipersiapkan oleh bunda dan ayah di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Kemulian Jakarta Pusat.

Cara Mengurus Surat Nikah Sendiri

Gak ada yang salah kan dengan mengurus birokrasi surat nikah sendiri? Hiihih...
Yaa, sesuai dengan pernyataan sekaligus pertanyaan itu. Saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang bagaimana caranya mengurus surat nikah sendiri. Dan mungkin sangat berguna bagi kalian sedang merencanakan pernihakan yang salah satunya mengurus surat pernikahan.

Sebelum saya menerangkan step-step mengurus surat pernikahan, salah satu syarat yang tidak boleh ketinggalan adalah "Restu Orangtua". Yup, ini syarat yang paling utama diantara syarat-syarat yang lain loh. Pastikan kamu sudah mendapatkan syarat utama ini dulu sebelumnya. Bagaimana? Sudah atau belum? ^_^v