Skip to main content

Meminta Maaf dan Memaakan

Meminta Maaf dan Memaafkan merupakan kedua hal yang sama-sama sulit dilakukan dalam sebuah keadaan tertentu.

Hal pertama yaitu meminta Maaf. Meminta maaf tak selamanya mudah. Mungkin kalau kita
meminta maaf atas hal yang tidak terlalu berat kata maaf akan sepintas keluar begitu saja tanpa beban tertentu yang menjanggal. Namun ketika kesalahan yang kita buat sudah terlalu besar untuk dimaafkan orang lain maka kata maaf pun akan sulit terlontar. Walaupun didalam hati ingin meminta maaf tapi rasanya sulit sekali bibir ini mengucap sepatah kata itu. Jika kita tidak meminta maaf pun ada rasa bersalah yang akan terus menjanggal hati nurani kita. Meminta maaf merupakan hal yang sangat terpuji, karena disitu letak keberanian kita mengakui kesalahan yang telah kita perbuat. Kita tidak mementingkan ego gengsi
. Kita berani untuk memperbaiki kesalahan yang kita perbuat dan berusaha untuk mengulangi kesalahan yang serupa. Kalaupun bibir tak dapat mengucap langsung, tunjukkilah sikap penyesalan kita melalui cara yang lain. Mungkin dengan sikap kita yang menyatakan penyesalan, sehingga orang telah kita sakiti dapat memaakan kita dan melupakan dendam yang masih tersimpan. Meminta maaflah dengan niat ikhlas untuk memperbaiki diri ^^

Sama halnya dengan Meminta Maaf, Memaafkan juga hal yang sulit dilakukan. Memafkan hanya lewat bibir memang mudah terlihat, namun memaafkan lewat hati adalah yang sulit untuk dilakukan. Memaafkan tidak akan mudah kamu lakukan dengan ikhlas, apalagi jika kesalahan yang orang lain itu sudah mengiris hatimu dengan perih. Memang kamu tidak akan dendam jika orang itu sudah meminta maaf, tapi akankah kamu bisa kembali seperti sebelum seseorang itu berbuat kesalahan kepadamu. Ikhlaskah kamu dengan kesalaha yang telah diperbuat orang itu. Namun betapa mulianya kamu ketika kamu bisa dengan tulus dan ikhlas memaakan orang itu tanpa tersisa rasa tidak ikhlas yang tertinggal. Allah SWT saja memaafkan sebesar apapun kamu berbuat salah. Masa kamu atau saya atau kalian yang hanya manusia biasa tidak bisa memaafkan dengan ikhlas. Berfikirlah sejenak kalau kamu yang berada diposisi yang berbuat salah, betapa merasa bersalahnya kamu jika orang itu tidak mau memaafkanmu. Betapa tidak bisa tenangnya kamu ketika kamu tidak dimaafan. Walau kamu sebatang kayu yang telah diiris dan takkan sembuh, mencobalah mengobatinya dengan rasa ikhlas di diri kamu. Walau takkan semudah yang terpikir tapi terus dan teruslah mencoba mengikhlaskannya.

Di Dunia ini tak ada yang abadi, kebaikkan akan terus dikenang seumur hidup sedangkan kejelekkan orang lain kepada kita lupakanlah. Ambilah selalu manfaat yang baik dari setiap kejadian, karena itu akan mengubah kita menjadi manusia yang lebih baik dalam mengontrol pikiran menjadi lebih sempurna dari yang lalu ...

see u @next my post again ^^


Comments

  1. Terima kasih ilmunya Mba Ashia...
    Insya Allah bisa Saya praktekan... :D

    ReplyDelete
  2. satu kata simpel memang, tapi berat untuk melaksanakannya. Kecuali di dahului dengan niat yang tulus, baik meminta ma'af ataupun mema'afkan.
    terimakasih udah berbagi Ashia,,,
    Nice,,, :-)

    ReplyDelete
  3. sama-sama ka Nahnun .. terima kasih juga sudah berbagi buat blognya ..

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan komennya ^^

Popular posts from this blog

Lebih Optimal Topads Manual atau Otomatis?

Bismillah...

Saya ingin mencoba membagi pengalaman saya menggunakan ads di marketplace. Kali ini saya mau bahasnya marketplace tokopedia dulu. Karena kebetulan baru otak atik top ads yang aman yang sesuai dengan produk yang saya jual di tokopedia.

Sebelum kita membedakan Topads Manual dengan Topads Otomatis, sebaiknya kamu mengetahui terebih dahulu apa itu topads.
TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant di Tokopedia. Dengan fitur ini, Anda dapat mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung kategori. Perlu diketahui bahwa saat ini TopAds HANYA bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App.

Biaya Melahirkan di RSIA Budi Kemulian

Bagi calon bunda dan ayah yang sedang menanti-nanti sang buah hati pasti sudah menyiapkan jauh-jauh hari estimasi biaya melahirkan si Rumah Sakit yang bunda inginkan.

Kali ini saya ingin sharing sebenarnya berapa sih biaya melahirkan yang perlu dipersiapkan oleh bunda dan ayah di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Kemulian Jakarta Pusat.

Cara Mengurus Surat Nikah Sendiri

Gak ada yang salah kan dengan mengurus birokrasi surat nikah sendiri? Hiihih...
Yaa, sesuai dengan pernyataan sekaligus pertanyaan itu. Saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang bagaimana caranya mengurus surat nikah sendiri. Dan mungkin sangat berguna bagi kalian sedang merencanakan pernihakan yang salah satunya mengurus surat pernikahan.

Sebelum saya menerangkan step-step mengurus surat pernikahan, salah satu syarat yang tidak boleh ketinggalan adalah "Restu Orangtua". Yup, ini syarat yang paling utama diantara syarat-syarat yang lain loh. Pastikan kamu sudah mendapatkan syarat utama ini dulu sebelumnya. Bagaimana? Sudah atau belum? ^_^v