Skip to main content

E-Dagang ( E-Commerce )


Saya kembali lagi blogging untuk mata kuliah softskill yang kesekian kali. Kali ini, saya mau membahas tentang E-Commerce atau yang diterjemahkan namanya E-Dagang (perdagangan elektronik).

Mungkin diantara pembaca blog saya untuk artikel ini sudah ada yang mengenal istilah E-Commerce sebelumnya, atau yang baru denger istilah ini akan kebetulan sekali saya akan membahasnya lagi. Selain pembahasan tentang materi yang gak terlalu panjang, saya juga mau menbagi pengalaman dan hasil pengamatan saya selama ini (padahal pengamatan ala kadarnya loh). Okeh langsung cekidot aje yeee, biar gak panjang lebar lagi ini.

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang konsumtif untuk berbagai jenis barang, makanan, atau hal-hal lainnya. Apalagi kalau ada bazaar besar-besaran tuh, pasti dah pengunjungnya bejubel gak karuan (lebai doang sih).

Nah dahulu banget tuh kalau kita mau membeli barang kita kudu hafal tuh toko letaknya dimana tutup jam berapa dan sebagainya. Apalagi kalau toko tersebut jaraknya jauh dan harus panas-panas dahulu sebelumnya pasti lebih menderita lagi kan tuh (hahaha). Karena hal tersebut dan masih banyak hal lagi dicarilah alternativ transaksi penjualan dan pembelian yang lebih mudah, praktis, efisien dan efektif. Nah model transaksi ini disebut ‘pedagangan elektronik’ atau nama ngetrennya tuh ‘E-Commerce’.
Model ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1994. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian model perdagangan ini berkembang. Banyak para jurnalis memperkirakan E-Commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru.

Pengertian yang lebih lengkap lagi tentang E-Commerce saya ambil di mbah Wikipedia ni.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (Electronic commerce, e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya “
Jadi, mulai dari penyebaran, pembelian, penjualan , pemasaran barang dan jasa dilakukan melalui internet. Nah dengan model penjualan dan pembelian seperti ini didapat berbagai kelebihan yang dapat kita ambil serta kekurangan yang harus bisa diterima oleh si pembeli.

Dalam hal pembayaran ada kelebihan serta kekurangan yang kita dapat dari E-Commerce ini. Kelebihannya antara lain pembayaran yang sangat jauh lebih mudah, tanpa perlu uang tunai untuk membayar. Salah satunya pembayaran dapat dilakukan menggunakan kartu kredit dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai pelanggan web tersebut serta memasukkan nomor rekening yang digunakan untuk pembayaran. Selain dengan kartu kredit bisa digunakan juga iCheck dan smartcard. Nah, kekurangan dari transaksi ini adalah rawannya nomor rekening jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkannya untuk keperluan yang tidak baik. Sehingga kita harus sangat berhati-hati dalam mengisi formulir.

Hemmm, sebelum kita melakukan pembayaran terlebih dahulu kita pasti menyakinkan diri untuk melihat detail barang yang mau dibeli.

Di E-Commerce, detail barang yang mau dibeli biasanya ditampilkan berupa foto barang yang dalam keadaan baik serta tidak lupa juga dituliskan ciri-ciri barang tersebut, missal ketika kita ingin membeli komputer, handphone atau semacamnya pasti akan dituliskan tipe, besar memori serta kelebihan-kalabihnnya lainnya.

Jarang penjual akan meletakkan kekurangan yang ada pada barang tersebut (bisa jadi yah kagak ada yang mau beli lah). Memang kebanyakan yang dijual secara online harga yang ditawarkan lebih murah, terlebih lagi kita akan menerima barang tersebut langsung tanpa harus ke tokonya lagi. Selain itu terkadang penjual tidak segan-segan menyediakan banyak bonus, penawaran istimewa atau jua diskon yang semakin membuat kita ingin membelinya. Intinya dalam model transaksi ini pembeli dan penjual harus saling memiliki kepercayaan. Sehingga tidak akan ada yang dirugikan dari satu pihak. Saya juga pernah melakukan penjualan melalui model ini, saya pernah melakukan transaksi membeli buku yang saya inginkan.

Dengan melihat gambar dan synopsis yang diberikan akhirnya saya pun tertarik untuk membeli dan saya pun merasakan kepuasannya. Karena barang yang saya terima sama dengan gambar dan isi yang ditawarkan si penjual. Lain hal lagi dengan teman saya, dia pernah melakukan pembelian berupa minyak wangi dan jam tangan. Dalam kasus pembelian minyak wangi, dia merasa kurang puas dengan hasil pembeliannya, kerena barang yang dia terima tidak sesuai dengan apa yang dia inginkan, dalam kasus ini dia tidak menyukai wangi minyak wanginya, yaa alhasil dia Cuma pake dikit tuh minyak wangi.

Dan kasus lainnya berupa jam tangan, memang gambar jam tangan yang ditawarkan terlihat menarik untuk dibeli, tetapi ketika barang sudah sampai ke tangan pembeli jam tangannya kurang menarik lagi, karena warna yang tidak secerah di gambar. Namun karena sudah terlanjur dibeli yaa apa boleh buat dipake aja dah (biar gak mubazir katanya, heee). Nah dari kasus tersebut, masalah dari e-commerce ini adalah penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan serta hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.

Dari uraian diatas, saya menyimpulkan bahwa pembelian melalui E-Commerce lebih menguntungkan bagi para penjual ketimbang pembelinya. Sebagian pembeli juga dapat diuntungkan dengan cara membeli yang lebih praktis, dan disarankan pembeli berhati-hati dalam memdaftarkan nomor rekening anda.

Selain itu, membelilah barang yang benar-benar anda perlu dan yakin bahwa ketika barang sudah ada ditangan kita, barang tersebut benar-benar sesuai dengan pesanan yang kita inginkan sebelumnya.

Comments

Popular posts from this blog

Lebih Optimal Topads Manual atau Otomatis?

Bismillah...

Saya ingin mencoba membagi pengalaman saya menggunakan ads di marketplace. Kali ini saya mau bahasnya marketplace tokopedia dulu. Karena kebetulan baru otak atik top ads yang aman yang sesuai dengan produk yang saya jual di tokopedia.

Sebelum kita membedakan Topads Manual dengan Topads Otomatis, sebaiknya kamu mengetahui terebih dahulu apa itu topads.
TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant di Tokopedia. Dengan fitur ini, Anda dapat mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung kategori. Perlu diketahui bahwa saat ini TopAds HANYA bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App.

Biaya Melahirkan di RSIA Budi Kemulian

Bagi calon bunda dan ayah yang sedang menanti-nanti sang buah hati pasti sudah menyiapkan jauh-jauh hari estimasi biaya melahirkan si Rumah Sakit yang bunda inginkan.

Kali ini saya ingin sharing sebenarnya berapa sih biaya melahirkan yang perlu dipersiapkan oleh bunda dan ayah di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Kemulian Jakarta Pusat.

Cara Mengurus Surat Nikah Sendiri

Gak ada yang salah kan dengan mengurus birokrasi surat nikah sendiri? Hiihih...
Yaa, sesuai dengan pernyataan sekaligus pertanyaan itu. Saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang bagaimana caranya mengurus surat nikah sendiri. Dan mungkin sangat berguna bagi kalian sedang merencanakan pernihakan yang salah satunya mengurus surat pernikahan.

Sebelum saya menerangkan step-step mengurus surat pernikahan, salah satu syarat yang tidak boleh ketinggalan adalah "Restu Orangtua". Yup, ini syarat yang paling utama diantara syarat-syarat yang lain loh. Pastikan kamu sudah mendapatkan syarat utama ini dulu sebelumnya. Bagaimana? Sudah atau belum? ^_^v