Skip to main content

[RESUME] Digital Cinema

Sutradara Film George Lucas menyatakan,
"Film yang berkembang pada abad ke-19 adalah hasil perkembangan sebuah fotografi menggunakan pita seluloid yang befungsi untuk menangkap dan merekam gambar. Kemudian sekitar abad ke-20an teknologi digital telah ditemukan yang kemudian mengganti pita seluloid itu untuk menampilkan cara penggarapan baru untuk dunia film (bioskop)."
Teknologi Digital membawa pengaruh yang sangat besar sampai saat ini, mulai dari tahah produksi yang semaikn modern dan canggih, sampai tahap penayangan yang sekarang sudah bisa dengan 3D.

Dulu proses pembuatan film masih menggunakan pita seluloid yang berukuran 35mm atau 70mm, dengan kualitas yang masih sangat rendah. Dalam kenyataannya digital film baru dikembangkan pada akhira tahun 1980an, ketika Sony mengadakan pemasaran konsep sinematografi elektronik. Kemudian pada akhir tahun 1990-an, dengan diperkenalkannya teknologi HDCAM dan mengganti nama menjadi ‘sinematografi digital’ yang proses pembuatannya menggunaakan kamera digital, pada akhirnya teknologi ini menjadi teknologi utama yang digunakan sampai saat ini.
Sinematografi Digital sangat menjanjikan kualitas yang jauh lebih baik. Peningkatan penggunaan teknologi digital dan proses dalam pengambilan yang ada dalam produksi film sekarang ini memungkinkan semua pengambilan dilakukan secara digital, mulai dari setting suara, lokasi atau bahkan aktor dalam film juga bisa digantikan oleh karakter yang dibuat khusus (contohnya animasi) atau kita pun bisa merasakan secara langsung nuansa yang ada dalam film dengan teknologi 3D.

Pada Proses Pasca Produksi..

(proses pengambilam gambar)
Negatif film pada kamera asli dipindai menjadi format digital pada pemindai resolusi tinggi. Dengan teknologi digital data dari kamera gambar bergerak bisa diubah menjadi format berkas gambar yang at :D, enak untuk ditonton. Semua berkas gambar dapat dikoreksi agar cocok dengan daftar edit yang dibuat oleh editor film. Hasil akhir proses pasca produksi adalah penengah digital yang digunakan untuk memindahkan rekaman gambar bergerak pada film ke sinema digital. Semua suara, gambar, dan elemen data produksi yang telah dilengkapi dapat dipasang pada pusat distribusi sinema digital yang berisi semua material digital yang harus ditayangkan. Gambar dan suara kemudian dimampatkan dan dikemas dalam bentuk kemasan sinema digital (dalam bahasa inggris: Digital Cinema Package atau DCP.

Penggunaan teknologi sangat menarik bagi industri perfilman. Produksi yang semakin canggih sehingga proses dapat kita atur dengan waktu yang seminimal mingkin sehingga proses pengerjaan dapat dilakukan dengan tepat waktu dan efisien. Sedangkan untuk proses pendistribusian dapat dipasarkan di bioskop nasional khususnya dan international (jika sudah memenuhi kriteria) atau pun dengan DVD. Namun pasaran yang menggunakan DVD di harap bisa berhati-hati, karena zaman ini banyak yang memggandakan tanpa ijin dari sang pemilik, apalagi di Indonesia ini DVD bajakan pun sudah banyak sekali peredarannya.

Dan pada akhirnya, walaupun cinema digital memiliki keuntungan dalam produksinya namun disisi lain tahap pemasarannya masih belum maksimal. Karena hampir sebagian bioskop masih menggunakan pemutar film yang lama. Selain itu pemasaran yang menggunakan DVD akan menguras mental dengan pembajakan yang ada.

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sinema_digital
buku "Digital Cultures Understanding"

Comments

Popular posts from this blog

Lebih Optimal Topads Manual atau Otomatis?

Bismillah...

Saya ingin mencoba membagi pengalaman saya menggunakan ads di marketplace. Kali ini saya mau bahasnya marketplace tokopedia dulu. Karena kebetulan baru otak atik top ads yang aman yang sesuai dengan produk yang saya jual di tokopedia.

Sebelum kita membedakan Topads Manual dengan Topads Otomatis, sebaiknya kamu mengetahui terebih dahulu apa itu topads.
TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant di Tokopedia. Dengan fitur ini, Anda dapat mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung kategori. Perlu diketahui bahwa saat ini TopAds HANYA bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App.

Biaya Melahirkan di RSIA Budi Kemulian

Bagi calon bunda dan ayah yang sedang menanti-nanti sang buah hati pasti sudah menyiapkan jauh-jauh hari estimasi biaya melahirkan si Rumah Sakit yang bunda inginkan.

Kali ini saya ingin sharing sebenarnya berapa sih biaya melahirkan yang perlu dipersiapkan oleh bunda dan ayah di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Kemulian Jakarta Pusat.

Cara Mengurus Surat Nikah Sendiri

Gak ada yang salah kan dengan mengurus birokrasi surat nikah sendiri? Hiihih...
Yaa, sesuai dengan pernyataan sekaligus pertanyaan itu. Saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang bagaimana caranya mengurus surat nikah sendiri. Dan mungkin sangat berguna bagi kalian sedang merencanakan pernihakan yang salah satunya mengurus surat pernikahan.

Sebelum saya menerangkan step-step mengurus surat pernikahan, salah satu syarat yang tidak boleh ketinggalan adalah "Restu Orangtua". Yup, ini syarat yang paling utama diantara syarat-syarat yang lain loh. Pastikan kamu sudah mendapatkan syarat utama ini dulu sebelumnya. Bagaimana? Sudah atau belum? ^_^v