Skip to main content

Bulb Fotografi


As : Shia, aku dapet tugas Pengantar Teknologi Internet & New Media ni

Shia : Owh tugas Softskill, kok aku baru denger mata kuliah ini ya ?
As : Iya, Mata kuliah ini baru diadakan tahun ini, bantuin aku cari judul dong blogger-emoticon.blogspot.com

Shia : Owh, boleh boleh, emang kamu dapet tema apa sama dosennya ?
As : aku dapet tema “Digital Aesthetics”
Shia : Hah ? tema tentang apaan tu ? blogger-emoticon.blogspot.com
As : Itu loh, tema ini berisikan tentang sebuah seni yang udah menggunakan sebuah alat bantu digital untuk mengekspresikan sebuah karya seni, kira-kira aku sebaiknya ngambil judul apa ni? Aku masih bingung, “tolong dibantu yaa” (ala pak tarno) blogger-emoticon.blogspot.com


Shia : Boleh-boleh, hemmm,blogger-emoticon.blogspot.com gimana kalau kamu ngangkat judul tentang bulp fotografi, keren tuh .
As : Bulp fotografi ? apaan tuh ?
Shia : Sebelumnya, kamu cari tau dulu seni itu apa.
As : Emangnya definisi seni itu apa ?
Shia : Yaaa, kamu bisa baca di google lahblogger-emoticon.blogspot.com. Tapi, menurut aku, seni itu ilmu, ilmu tentang keindahan yang dimiliki oleh setiap manusia untuk menuangkan ekspresi baik itu gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif melalui medium tertentu.
As : Owh, gitu ??
Shia : Iya, selain itu seni juga terbagi menjadi beberapa bagian lagi, contohnya seni musik, seni tari, seni lukis, seni rupa, dan masih banyak lagi koq, dalam seni gambar ada dua jenis, yaitu ada yang tiga dimensi kayak patung dan dua dimensi kayak seni lukis.


As : Nah untuk bulp fotografi ini masuknya seni yang mana ?
Shia : Yaa, berarti masuk seni dua dimensi, kenapa aku bilang dua dimensi karena medium yang digunakan adalah kamera yang hasilnya aplikasi dua dimensi berupa foto, atau seni ini juga bisa disebut seni fotografi lah.
As : Trus trus ..
Shia : Trus-trus lagi, gerrrr ...
Terus aku bukan anak fotografi, jadi
maaf kalo penjelasan aku rada gak nyambung. Setau aku bulp itu seni fotografi yang ngegunain speed lambat, kenapa aku bilang lambat, soalnya seni ini bisa ngasilin karya seperti goresan sebuah tinta.
As : Hah ? maksudnya aku gak ngerti blogger-emoticon.blogspot.com

Shia : Ni aku kasih contoh fotonya yang aku cari di link yang lain




As : Ihhh, kereeeeen yaaa . blogger-emoticon.blogspot.com
Shia : Iyalah, seni bulp ini lebih bagus dipraktikan buat malem hari yang efek cahayanya terang kayak gini, selain itu cahaya disekitar juga minim, maksudnya minim gak ada cahaya matahari yang ngalaingin.

As : Trus cara ngambilnya gimana?
Shia : Oh iya, cara ngambilnya selain harus punya foto (iayalah, kalo gak ada foto pake apa coba) dan kegiatan yang dilakuin malem hari, kita juga kudu wajib gunain tripod.
As : Duh apalagi tuh tripod?blogger-emoticon.blogspot.com
Shia : Masa kagak tau sih? Tripod itu alat penyanggah kamera yang kakinya ada tiga yang biasa digunain buat foto-foto di studio, tau kan ?
As : Oh iya tau, aku kan foto model yang sering foto studio, jadi tau lahblogger-emoticon.blogspot.com
Shia : Yeee,
blogger-emoticon.blogspot.com udahlah lanjut lagi, nah kalo kamu gak punya tripod kamu bisa gunain meja, kursi atau apa ajalah yang bisa buat nyanggah kamera. Soalnya teknik bulp ini kan ngeggunain speed yang lambat tuh, supaya hasilnya bagus dan gak berbayang jadi kameranya jangan ampe goyang. Intinya seni ini menggunakan teknik merekam cahaya yang bergerak pada malem hari, misalnya, lampu mobil, senter, kembang api, api, cahyaya petir juga bisa (ihh, ngerii) dan lain-lain dah pokoknya. Kalo mau digunain untuk siang hari juga bisa, tapi sebaiknya buat efek yang bergerak kayak sungai, biar pas gunain teknik bulp ini aliran sungai yang dihasilkan bisa lembut kayak salju gitu dah.
Dan aku gak tau pasti tentang bagaimana caranya, ni aku cari di
http://dikeroyok-wanita.blogspot.com/2009/03/tehnik-fotografer-bulb.html



Shutter Speed rendah –>lebih dari 3 detik (agar didapat efek pergerakan dari benda yang di foto)
-Diafragma Kecil –>11-22 (Untuk mendapatkan ruang tajam keseluruhan gambar lebih luas dan memungkinkan shutter speed lebih lambat)
-ISO/ASA serendah mungkin –> <200 style="”color:red;”" mce_style="”color:">
-MemFokuskan object –>foto bulb tidak hanya sekedar foto landscape(pemandangan/view) saja.melaikan dapat juga ditentukan sebuah objek foto dengan Foreground atau background efek cahaya bergerak (Moving Lights)
-Metering Objek–>dimaksudkan agar objek yang difoto dapat tergambar dengan pencahayaan yang cukup jelas,kecuali jika sang fotografer mempunyai maksud lain dengan men-Set metering objek Under atau Over expos.
pada dasarnya, ketika kamera di-set bulb lalu shutter ditekan, maka jendela rana akan membuka dan sensor/film akan merekam gambar, lama esposure / shutter speed tergantung waktu kita menekan tombol shutter. Kalau kita neken tombolnya 3 detik, ya exposurenya selama 3 detik. Dan kalau nekennya 4 menit, ya exposurenya selama 4 menit

As : oia, kameranya harus yang canggih ya ? pake kamera digital biasa bisa gak yah?
Shia : Gak harus kamera yang biasa dipake fotografer koq, kamera digital biasa juga bisa, asalkan bisa disetting speednya, yaa kalau untuk teknik ini minimal di butuhkan speed yang bisa ngerekam 3 detik.
As : Owh, iya, iya baru tau aku ada teknik kamera yang bisa ngasilin gambar yang artistic kayak gini cuma lewat sebuah kamera digital.
Shia : Yaaa, kalau nanti mau di coba secepatnya juga bisa koq, namanya juga jaman modern, jadi buat ngasilin karya seni yang lebih artistic melalui teknologi yang gak susah-susah benget juga bisa kan.
As : Okeh. Makasih ya buat infonya.
Shia : Masama, kalau mau Tanya-tanya lagi nanya aku aja :Dblogger-emoticon.blogspot.com

Comments

  1. Baru ini gw liat postingan d blog ini yg berhubungan sm pelajaran..
    makanya blog jgn cm buat tugas..
    :P

    oy, bisa jg make emot gini ahahaha

    ReplyDelete
  2. wkwkwkw ..
    iyeeee, ntar di tambahiin :P

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan komennya ^^

Popular posts from this blog

Lebih Optimal Topads Manual atau Otomatis?

Bismillah...

Saya ingin mencoba membagi pengalaman saya menggunakan ads di marketplace. Kali ini saya mau bahasnya marketplace tokopedia dulu. Karena kebetulan baru otak atik top ads yang aman yang sesuai dengan produk yang saya jual di tokopedia.

Sebelum kita membedakan Topads Manual dengan Topads Otomatis, sebaiknya kamu mengetahui terebih dahulu apa itu topads.
TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant di Tokopedia. Dengan fitur ini, Anda dapat mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung kategori. Perlu diketahui bahwa saat ini TopAds HANYA bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App.

Biaya Melahirkan di RSIA Budi Kemulian

Bagi calon bunda dan ayah yang sedang menanti-nanti sang buah hati pasti sudah menyiapkan jauh-jauh hari estimasi biaya melahirkan si Rumah Sakit yang bunda inginkan.

Kali ini saya ingin sharing sebenarnya berapa sih biaya melahirkan yang perlu dipersiapkan oleh bunda dan ayah di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Kemulian Jakarta Pusat.

Cara Mengurus Surat Nikah Sendiri

Gak ada yang salah kan dengan mengurus birokrasi surat nikah sendiri? Hiihih...
Yaa, sesuai dengan pernyataan sekaligus pertanyaan itu. Saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang bagaimana caranya mengurus surat nikah sendiri. Dan mungkin sangat berguna bagi kalian sedang merencanakan pernihakan yang salah satunya mengurus surat pernikahan.

Sebelum saya menerangkan step-step mengurus surat pernikahan, salah satu syarat yang tidak boleh ketinggalan adalah "Restu Orangtua". Yup, ini syarat yang paling utama diantara syarat-syarat yang lain loh. Pastikan kamu sudah mendapatkan syarat utama ini dulu sebelumnya. Bagaimana? Sudah atau belum? ^_^v